Langsung ke konten utama

Tips Persiapan Presentasi - Pahami Materi


Salah satu kegiatan yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan presentasi adalah memastikan bahwa Anda telah menguasai materi presentasi.

materi, presentasi, tips
source

Pemahaman terhadap bahan/materi yang akan dipresentasikan adalah hal yang paling penting dalam melakukan presentasi. Umumnya tujuan presentasi adalah menyampaikan informasi kepada audiens. Adalah hal yang sangat mendasar untuk memahami terlebih dahulu informasi apa yang akan Anda sampaikan, sehingga Anda dapat lebih mudah menentukan metode penyampaian informasi yang paling sesuai. 



Salah satu contoh presentasi yang umum adalah guru sekolah dasar yang mengajar siswa-siswanya di kelas. Coba Anda bayangkan bagaimana jika sang guru tidak memahami materi yang akan diajarkan di kelas. 

Tentunya keadaan akan kacau, dan proses pertukaran informasi tidak akan berlangsung dengan lancar.


Bayangkan jika sang guru telah memahami materi yang akan diajarkan, dan sudah mempersiapkan metode yang menarik untuk mengajar kepada murid-muridnya. Misalnya mengajarkan pelajaran berhitung dengan membawa buah sebagai alat peraga. 

Kemungkinan besar proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan lebih lancar dan menyenangkan.


Jika Anda menggunakan slide untuk mendukung presentasi Anda, pastikan isi dari slide tersebut sudah sesuai dengan informasi yang akan Anda sampaikan. 

persiapan, presentasi


Jika Anda membuat sendiri slide yang akan Anda presentasikan, mintalah bantuan rekan Anda untuk mengecek slide tesebut. Akan lebih baik jika Anda dapat melakukan simulasi presentasi terlebih dahulu dengan rekan-rekan Anda, lalu Anda dapat meminta saran perbaikan dari mereka.

presentasi, tips, persiapan
source

Jika Anda tidak membuat sendiri slide yang akan Anda presentasikan, pastikan untuk memahami slide sebelum melakukan presentasi. Sediakan waktu yang cukup untuk memahami seluruh slide. Pertimbangkan pula kemungkinan isi slide tersebut belum sesuai, sehingga perlu dilakukan perubahan. Idealnya adalah Anda dapat berlatih terlebih dahulu sebelum melakukan presentasi yang sebenarnya.

Persiapkanlah presentasi Anda, jika Anda tidak ingin audiens Anda menjadi seperti gambar dibawah ini :D

presentasi, tips, persiapan
source

Beberapa aktifitas lain yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan presentasi adalah :
Kenali Peserta/Audiens
Berlatih sebelum Melakukan Presentasi
Cek Media Pendukung Presentasi
Cek Lokasi Presentasi

Semoga sukses!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Presentasi Menggunakan Prezi

Bosan menggunakan PowerPoint? Ingin membuat presentasi yang lain dari biasanya? Ingin membuat presentasi interaktif ? Ingin membuat presentasi online yang menarik?  Ada alternatif media untuk membuat file presentasi yang menarik selain PowerPoint. Anda dapat mencoba Prezi  ! Kelebihan dari Prezi adalah : - Pembuatan presentasi dengan visual yang menarik - Dapat berkolaborasi dalam membuat dan melihat presentasi secara langsung dari berbagai tempat - Dapat diakses dari manapun melalui internet Kesan pertama saya terhadap Prezi adalah bahwa situs ini cukup rapi dan enak dilihat karena banyak menyisakan ruang putih kosong dan menggunakan huruf dan warna yang pas di mata :)

Work For Presentation Slides

Pernah mengalami hal seperti ini? T.T source :  Dilbert Comic

Contoh Presentasi di Prezi

Berikut adalah contoh dari presentasi menarik mengenai Prezi yang dibuat menggunakan Prezi. Presentasi ini diberi judul "Why Prezi is the Best Alternative to Power Point" Selamat menikmati :D Untuk penjelasan singkat mengenai pembuatan presentasi di Prezi dapat dilihat  disini Why Prezi is the best alternative to PowerPoint on Prezi