Langsung ke konten utama

Tips Presentasi (Bagian 1)


Tips Presentasi

Beberapa waktu lalu, sebuah survey menyatakan bahwa berbicara di depan umum diklaim menjadi ketakutan orang nomor 1, diatas kematian. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang menarik mengingat pentingnya presentasi terutama di dunia akademis dan bisnis.  

Untuk melakukan presentasi dengan baik, Anda tidak hanya harus percaya diri, tapi Anda juga harus berkompetensi. Gugup sebelum presentasi itu biasa, namun dengan memahami materi, dan mempersiapkan presentasi dengan baik, rasa gugup itu dapat dikurangi. 

Simak tips-tips berikut untuk dapat melakukan presentasi dengan sempurna :

Tips Presentasi 1. Aturan 10-20-30


Aturan ini diusulkan oleh Guy Kawasaki. Aturan ini menyatakan bahwa sebuah presentasi sebaiknya terdiri tidak lebih dari 10 slide,  tidak berjalan lebih dari 20 menit, dan pada slide tidak terdapat huruf yang lebih besar dari 30 points. Uraikan poin-poin penting dalam beberapa menit, beberapa slide, dan beberapa kata per slide. 
 

Tips Presentasi 2. Presentasi yang Menghibur 


Uraian Anda sebaiknya informatif dan menghibur. Audiens presentasi mengarapkan presentator untuk dapat menyampaikan informasi yang menarik dan menggugah emosi. Jika Anda hanya menyatakan data-data secara datar, audiens akan cepat bosan.

 Tips Presentasi 3.  Jangan Terburu-buru


Pemberi presentasi yang gugup atau yang tidak berpengalaman cenderung menjalankan presentasi dengan cepat, karena mereka ingin cepat selesai. Pelankan ritme bicara Anda, dan tambahkan beberapa jeda untuk menekankan poin penting.

Tips Presentasi 4. Kontak Mata  


Lakukan kontak mata dengan seluruh audiens. Jangan hanya berfokus pada orang-orang penting, karena bisa jadi setiap orang yang hadir memiliki kepentingan pada presentasi Anda.

Tips Presentasi 5. Ringkasan 15 Kata 


Rangkum ide utama Anda dalam 15 kata. Berbicara adalah cara yang kurang efektif untuk menyampaikan informasi, maka pastikan Anda tahu 15 kata kunci untuk dapat diulang-ulang.

Tips Presentasi 6. Aturan 20-20


Tips lain mengenai slide presentasi. Buatlah presentasi Anda sebanyak 20 slide dan masing-masing slide dapat dijelaskan dalam 20 detik. Aturan ini memastikan presentasi anda ringkas dan menghindari kebosanan bagi para audiens

Selamat mencoba, semoga sukses!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Presentasi Menggunakan Prezi

Bosan menggunakan PowerPoint? Ingin membuat presentasi yang lain dari biasanya? Ingin membuat presentasi interaktif ? Ingin membuat presentasi online yang menarik?  Ada alternatif media untuk membuat file presentasi yang menarik selain PowerPoint. Anda dapat mencoba Prezi  ! Kelebihan dari Prezi adalah : - Pembuatan presentasi dengan visual yang menarik - Dapat berkolaborasi dalam membuat dan melihat presentasi secara langsung dari berbagai tempat - Dapat diakses dari manapun melalui internet Kesan pertama saya terhadap Prezi adalah bahwa situs ini cukup rapi dan enak dilihat karena banyak menyisakan ruang putih kosong dan menggunakan huruf dan warna yang pas di mata :)

Contoh Presentasi di Prezi

Berikut adalah contoh dari presentasi menarik mengenai Prezi yang dibuat menggunakan Prezi. Presentasi ini diberi judul "Why Prezi is the Best Alternative to Power Point" Selamat menikmati :D Untuk penjelasan singkat mengenai pembuatan presentasi di Prezi dapat dilihat  disini Why Prezi is the best alternative to PowerPoint on Prezi

Definisi Media Presentasi

Apakah definisi dari "Media Presentasi"?  Jika merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia , kata "presentasi" memiliki makna :  presentasi /pre·sen·ta·si/ /préséntasi/  n 1 pemberian (tt hadiah);  2 pengucapan pidato (pd penerimaan suatu jabatan);  3 perkenalan (tt seseorang kpd seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi);  4 penyajian atau pertunjukan (tt sandiwara, film, dsb) kpd orang-orang yg diundang ; mempresentasikan