Langsung ke konten utama

Tips Presentasi (Bagian 2)


Tips Presentasi

Sedang mempersiapkan diri untuk melakukan presentasi?
Simak tips-tips presentasi ini. Semoga dapat membantu presentasi Anda sehingga berjalan lancar. 
 

Tips Presentasi 1. Jangan Membaca


Pahami benar presentasi Anda. Jangan hanya karena Anda memiliki slide, Anda merasa tidak perlu memahami isi presentasi. Membaca dari slide akan membuat audiens merasa Anda tidak memahami materi dan bahkan dapat mengganggu jalannya presentasi.

Tips Presentasi 2. Sisipkan Cerita Singkat


Jika presentasi Anda akan menjelaskan poin yang panjang, jelaskan poin tersebut dengan menggunakan cerita singkat, atau sisipkan lelucon atau info-info yang menarik. Cerita yang menarik dapat membangun keterkaitan emosi dengan audiens.

Tips Presentasi 3. Gunakan Suara yang Lantang


Hal yang paling buruk adalah jika audiens tidak dapat mendengar suara Anda. Walaupun menggunakan mike dan sound system yang canggih, Anda harus memastikan suara Anda terdengar oleh seluruh audiens. Hal ini tidak berarti Anda harus berteriak, namun posisikan tubuh Anda dengan tegak, dan keluarkan suara Anda dengan jelas.

 

Tips Presentasi 4. Hindari Melakukan Gerakan yang Terencana


Setiap gerakan yang Anda lakukan saat presentasi merepresentasikan pesan dan emosi yang akan Anda sampaikan. Melakukan gerakan yang sudah direncanakan akan terlihat tidak alami karena akan tidak sesuai dengan kondisi badan dan perasaan Anda saat itu. 
 

Tips Presentasi 5. "Pertanyaan yang Bagus"


Gunakan ungkapan seperti "Pertanyaan yang bagus" atau "Menarik pertanyaannya" jika Anda memerlukan waktu untuk menyiapkan jawaban Anda. Hal ini akan membuat presentasi Anda berjalan lebih lancar dibandingkan jika Anda menggumamkan  "ahh","uh", atau "ehmm".

 

Tips Presentasi 6. Bernafaslah


Jika Anda merasa gugup atau perlu waktu untuk berpikir, jangan ucapkan gumaman "ahh","uh", atau "ehmm". Buat jeda dan tarik nafas dalam-dalam. Para audiens akan lebih menghargai jeda dibandingkan gumaman yang tidak jelas.

Selamat mencoba dan semoga sukses :)

Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Presentasi Menggunakan Prezi

Bosan menggunakan PowerPoint? Ingin membuat presentasi yang lain dari biasanya? Ingin membuat presentasi interaktif ? Ingin membuat presentasi online yang menarik?  Ada alternatif media untuk membuat file presentasi yang menarik selain PowerPoint. Anda dapat mencoba Prezi  ! Kelebihan dari Prezi adalah : - Pembuatan presentasi dengan visual yang menarik - Dapat berkolaborasi dalam membuat dan melihat presentasi secara langsung dari berbagai tempat - Dapat diakses dari manapun melalui internet Kesan pertama saya terhadap Prezi adalah bahwa situs ini cukup rapi dan enak dilihat karena banyak menyisakan ruang putih kosong dan menggunakan huruf dan warna yang pas di mata :)

Contoh Presentasi di Prezi

Berikut adalah contoh dari presentasi menarik mengenai Prezi yang dibuat menggunakan Prezi. Presentasi ini diberi judul "Why Prezi is the Best Alternative to Power Point" Selamat menikmati :D Untuk penjelasan singkat mengenai pembuatan presentasi di Prezi dapat dilihat  disini Why Prezi is the best alternative to PowerPoint on Prezi

Definisi Media Presentasi

Apakah definisi dari "Media Presentasi"?  Jika merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia , kata "presentasi" memiliki makna :  presentasi /pre·sen·ta·si/ /préséntasi/  n 1 pemberian (tt hadiah);  2 pengucapan pidato (pd penerimaan suatu jabatan);  3 perkenalan (tt seseorang kpd seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi);  4 penyajian atau pertunjukan (tt sandiwara, film, dsb) kpd orang-orang yg diundang ; mempresentasikan